MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANMEMBACA PADA ANAK USIA DINI

  • Aisyah Raudhatul Jannah STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
  • Lukman Hamid STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
  • Rostika Srihilmawati STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
Keywords: pop up book media, reading ability, early childhood

Abstract

This article contains pop up book media to improve reading skills in early childhood. The problem encountered was that early childhood experienced difficulties in recognizing letter symbols. Early childhood cannot distinguish one letter from another, and there is still incorrect pronunciation of letters in reading. This happens one of them caused by inaccurate media used in the learning process. In overcoming this problem, the authors took the initiative to use pop up book media as an alternative media for learning to read. In this paper using a descriptive method with a qualitative approach. The author describes the facts or circumstances or symptoms that appear as they are.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’anul Kariem

Aqib, Zainal. dkk. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) TK/RA, SLB/SDLB. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aulawiyah, Nur Indana. (2019). Mengembangkan Kosakata Anak dengan Media Pop-Up Book pada Kelompok A di RA PERWANIDA 01 Dukuh Salatiga. (skripsi)

Aulina, C.N. (2012). Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia, 1(2): 131-143.

Devi, C. (2015). Efektivitas Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita. ( Skripsi ). Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Dzuanda. (2011). Design Pop Up Child Book Puppet Figures Series Gatot Kaca. Jurnal Library ITS Undergraduate.http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-5380-3402100054-abstract%20id.pdf . Diunduh 30 Maret 2020.

Fauziddin, M. & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalized Cognitive Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2): 162-169. DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.76.

Guslinda, & Kurnia. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Hadianti, A. (2009). Pengaruh Metode bernyanyi terhadap tingkat penguasaan kosakata bahasa Inggris pada Anak USia Dini. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak USia Dini Jurusan Paedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Hudria, E. 2017. Fungsi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Perikanan SMKN 1 Kuala Baru Aceh Singkil. (Skripsi). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Aceh.

Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Khomah, & Istiyati, dkk., (2015). Penggunaan Media Pop up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria.ISSN: 2337-8786.

Kusuma, Muvida. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal FKIP, UMP

Kusumawardani, T. (2019). Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pop up Kelompok B Tk Negeri Pembina Jagoi Babang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 2(8).

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2):

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. (2015).

Prabowo, dkk.,. (2013). Analisis pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2) : 1-9.

Rakimahwati, & Yetti, dkk. (2018). Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 1(2b), 1-11. E-ISSN.2579-7190.

Siyoto D.R & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Suyanto. (2008). Strategi Pendidikan Anak (Pengenalan dengan Matematika, Sains, Seni, Bahasa, dan Pengetahuan Sosial). Yogyakarta: Hikayat Publishing. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cet ke-26. Bandung: Alfabeta CV.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik cet ke-2. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ufie, A. (2013). Kearifan Lokal (local wisdom) Budaya Ain Ni Ain Masyarakat Kei Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Untuk Memperkokoh Kohesi Sosial Siswa. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.

Published
2020-10-15