EFEKTIVITAS METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI

  • Depi Nursiti STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
  • Lukman Hamid STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
  • Nisa Nurhidayah STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
Keywords: Kinesthetic intelligence, motion and song

Abstract

Early childhood is in the golden age stage. This stage is marked by significant changesin aspectsof its development (such as : language, art and physical motor). So that at this stage can be passed well by every child it is necessary to strive for proper education. Including the development of musical intelligence and kinesthetic intelligence, children must also develop. One of the lessons that can be done by the teacher is learning motion and songcan influence and control the nerve center, and help children to further develop their intelligence not only in aspects of cognitive, language and emotional development but aslo in the development of art and physical children. This study aims to determine the effectiveness of kinesthetic intelligence in early childhood whit the motion and song method in RA Ar-Arahmah Kawalu. The research method used is a qualitative approach whita descriptive method for class B RA Ar-Rahmah Kawalu Tasikmalaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

KEMENDIKBUD. Pendidikan Anak Usia Dini.2013.Kurikulum No.1679,2014

Mulia, Ana. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Bermain Gerak dan Lagu. Sumatera Utara. 2017[online] Diunduh pada 23 November 2019

Oktaviani, T. Amanda. 2019. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Senam Irama. Jurnal Anak UUNES [online] Diunduh pada 25 Februari 2020

Fihatin, Nisa. E. Mengembangkan Kecerdasan kinestetik Anak melalui Gerak dan Lagu. Bandar Lampung. 2017 [online] Diunduh pada 7 Juli 2020

Fitria, Rika. Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Metode Permainan Tradisional.Lampung. 2017 [online] Diunduh pada 19 Februari 2020

Nuraisyah, Siti. Analisis Kesulitan Belajar Siswa. Jambi. 2014 [online] Diunduh pada 7 Februari 2020

Widhiawati N, Pengaruh Pembelajaran gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini, Jurnal Edisi Khusus No.2, ISSN 1412-565X, Agustus 2011. Hal 223-225. [online] Diunduh pada 1 Juni 2020

Mulya Sari, Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Air, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 8 Edisi I, (2014)

Restu Yuningsih, Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang (Penelitian Tindakan Kelompok B1 di TK Negeri 01 Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2015), Vol 9, No 2 (2015), Hal 235-234

Howard, Gardner.(2013).Multiple Intelligences.Jakarta :Daras Books

Usman & Setiadi, P.A.(20120.Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara

Muhyi, F.M. (2008). 100 Permainan Kecerdasan Kinestetik. Jakarta:Grasindo

Sujiono, Yuliani Nurani.(2010).Bermain Kreatif berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:PT Indeks

Sumantri,MS.(2005).Model Perkembngan Keterampilan Motorik Anak Uisa Dini.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional

Sugiyono.(2008).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Pattilima, Hamid.2005.Metode Pengembangan Kualitatif. Bandung:Alfabeta
Published
2020-10-15