EFEKTIVITAS METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Early childhood is in the golden age stage. This stage is marked by significant changesin aspectsof its development (such as : language, art and physical motor). So that at this stage can be passed well by every child it is necessary to strive for proper education. Including the development of musical intelligence and kinesthetic intelligence, children must also develop. One of the lessons that can be done by the teacher is learning motion and songcan influence and control the nerve center, and help children to further develop their intelligence not only in aspects of cognitive, language and emotional development but aslo in the development of art and physical children. This study aims to determine the effectiveness of kinesthetic intelligence in early childhood whit the motion and song method in RA Ar-Arahmah Kawalu. The research method used is a qualitative approach whita descriptive method for class B RA Ar-Rahmah Kawalu Tasikmalaya.
Downloads
References
Mulia, Ana. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Bermain Gerak dan Lagu. Sumatera Utara. 2017[online] Diunduh pada 23 November 2019
Oktaviani, T. Amanda. 2019. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Senam Irama. Jurnal Anak UUNES [online] Diunduh pada 25 Februari 2020
Fihatin, Nisa. E. Mengembangkan Kecerdasan kinestetik Anak melalui Gerak dan Lagu. Bandar Lampung. 2017 [online] Diunduh pada 7 Juli 2020
Fitria, Rika. Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Metode Permainan Tradisional.Lampung. 2017 [online] Diunduh pada 19 Februari 2020
Nuraisyah, Siti. Analisis Kesulitan Belajar Siswa. Jambi. 2014 [online] Diunduh pada 7 Februari 2020
Widhiawati N, Pengaruh Pembelajaran gerak dan Lagu dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal dan kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini, Jurnal Edisi Khusus No.2, ISSN 1412-565X, Agustus 2011. Hal 223-225. [online] Diunduh pada 1 Juni 2020
Mulya Sari, Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Air, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 8 Edisi I, (2014)
Restu Yuningsih, Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang (Penelitian Tindakan Kelompok B1 di TK Negeri 01 Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan Tahun 2015), Vol 9, No 2 (2015), Hal 235-234
Howard, Gardner.(2013).Multiple Intelligences.Jakarta :Daras Books
Usman & Setiadi, P.A.(20120.Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara
Muhyi, F.M. (2008). 100 Permainan Kecerdasan Kinestetik. Jakarta:Grasindo
Sujiono, Yuliani Nurani.(2010).Bermain Kreatif berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:PT Indeks
Sumantri,MS.(2005).Model Perkembngan Keterampilan Motorik Anak Uisa Dini.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional
Sugiyono.(2008).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta
Pattilima, Hamid.2005.Metode Pengembangan Kualitatif. Bandung:Alfabeta