METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA NURUR RABIAH KOTA TASIKMALAYA

  • Iyus Rusmiati STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
  • Asep Mumung STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
  • Tetin Nurfitri STIT Al-Hidayah Tasikmalaya
Keywords: early childhood, role playing methods, language skills

Abstract

This research is motivated by the fact that there are still many children who experience difficulty in speaking ability based on the achievement of language development that is in the underdeveloped category and is starting to develop. So that innovation is needed in learning methods that are able to improve the ability of speaking in group A children in RA Nurur Rabiah .. This study aims to determine the effect of role playing methods on language skills in group A children in RA Nurur Rabiah. This research is classified as a quasi experiment with a post-test only control group design. The study population was children of group A in RA Nurur Rabiah ... The sample of this study was 14 children of group A as the experimental group, and 14 children of group A1 as a control group. The results showed that there was a significant influence on the role playing method (on the ability to speak in group A children in RA Nurur Rabiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfianika, Ninit. (2016). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. (Yogyakarta : CV Budi Utama).

Arikunto. Suharsimi. (1995). Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Azizah, Nur.2013. “Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau dari Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Skripsi (online). Diakses tanggal 5 juni 2020

Bangun, Cari Ulina Br.(2018).Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk It Insan Madani Bandar Setia Tahun Ajaran 2017/2018. diperoleh tanggal 11 Februari 2020

Beaty, janice J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta. PT. Fajar interpratama mandiri.

Devi. (2016). Play Time. Jakarta: Elex Media Komputindo

Depdiknas, Dikjen. (2007). Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak kanak. Jakarta.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosda

Karya. Djamarah, Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati, Jhoni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada. PAUD. Bandung. Kencana.

Halida. 2011. Metode Bermain Peran dalam Mengotimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 tahun). Jurnal (online). Pontianak: PAUD FKIP Universitas Tanjungpura. Diakses pada tanggal 04 juni 2020

Hartati, Sofia . 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Terjemahan Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih. Child Development. Cetakan Ke-6. Jakarta: Erlangga.

Kertamuda, Miftahul Achyar. 2015. Golden Age. Jakarta: PT Elex Media Kompitundo.

Mayke. (2001). Bermain, Main dan Permainan. Jakarta: Gramedia.

Nafiah, Mayang. 2018. Penerapam metode pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan kreatifitas anak TK Kelompok A di TK darut Taqwa Tulungagung. diperoleh tanggal 11 Februari 2020

Nurani, Yuliani.(2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Rahman, Yanuar. Azhar,

Mayke. (2001). Bermain, Main dan Permainan. Jakarta: Gramedia.

Mansyur, Rasyid & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Multi Pressindo.Yogyakarta

Putri, Dana Rizka Dwi. 2018. Pengaruh Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Di Tk Dharma Wanitabandar Lampung. diperoleh tanggal 11 Februari 2020

Rumilasari, Ni Putu Dessy., I Made Tegeh., Putu Rahayu Ujianti. 2016. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A. diperoleh tanggal 11 Februari 2020

Saputra, Yudha, & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas

Sugiono.(2017).Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Suyanto, Slamet.(2008). Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta. Hikayat

Sudarna.(2014). Pendididkan anak usia dini berkarakter. Yogyakarta. Genius publisher

Suyanto, Slamet. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak usia Dini, Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya Jakarta: Prenada Media Group

Wirya, Nyoman dkk. 2014. Buku Ajar Metodelogi Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini.Universitas Pendidikan Ganesa
Published
2020-10-15