KONSEP TAUHIDULLAH SEBAGAI SUBSTANSI PENDIDIKAN ISLAM

  • Yogi Hasbi Sidiq STIT Al-Hidayah Tasikmalaya

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep tauhidullah sebagai substansi pendidikan islam. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research), penulis berusaha menggali konsep dan metode tauhidullah yang terdapat dalam Al-Quran dan kisah Nabiyullah sebagai dasar dan konsep bertauhid serta mengambil contoh dari kisah Nabiyullah berdasarkan cerita Nabi Ibrahim as dalam al-Qur’an. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Alquran dan kitab tafsīr, serta data sekunder diperoleh dari buku-buku dan karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep tauhidullah dalam pendidikan islam terdapat dalam surah Al-Ikhlas yakni dengan memahami makna keesaaan Allah swt. Dan konsep tauhidullah yang terdapat dalam kisah Nabi Ibrahim as yaitu dengan mengaplikasikan beberapa metode Nabi Ibrahim ketika menyampaikan ajaran tauhidnya. Diantaranya: metode intuitif, metode rasional, metode Targib wa Tarḥib, metode ‘Ibrah Maw’iẓah, metode ilmiah, metode Ḥiwār Jadali, metode demonstrasi/eksperimen, dan metode keteladanan. Metode-metode tersebut dapat dijadikan konsep dalam pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Syarif, S., & Manshur, F. M. (2017). Metode Pendidikan Profetik dalam Al-Qur'an: Kajian Ayat- Ayat Kisah Nabi Ibrahim As. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5, 2-16

Asmuni, Yusran. (1993). Ilmu tauhid. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fikri, M. (2011). Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode

Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis & Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah

Muhaiman. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Harahap, I. (2013). Ibrahim As. Bapak Semua Agama: Sebuah Rekonstruksi Sejarah KeNabian Ibrahim As. Sebagaimana Tertuang dalam Taurat, Injil dan Al-Qur'an. Tengerang: Lentera Hati

Haryanta, Agung Tri. (2012). Kamus Kebahasaan dan Kesusastraan. Surakarta: Aksara Sinergi Media.

Qomar, M. (2005). Epistemologi Pendidikan Islam Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga.

Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Thoib, Ismail. (2008). Wacana Baru Pendidikan Meretas Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Genta Press

Shiddieqy, Hasbi Ash-. (2002). Al-Bayan Tafsir Penjelasan Al-Qur’anul Karim. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian AlQur’an. Jakarta: Lentera Hati

Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta

Umar, Bukhari. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2021-09-30